Ad 468 X 60

.

Thursday, October 26, 2017

Widgets

Teka teki Siapa Penyusun Shalawat Nariyah terjawab!!

Alhamdulillah senengnya dapat buku ini "An-Najm Ats-Tsaqib" karya Ibnu Sha'd yg sudah ditahqiq dan dicetak oleh Dr. Addibaji.

Dalam buku inilah tersingkap siapa pengarang Shalawat Nariyah/Taziyah/Tafrijiyah-Qurthubiyah/Kamilah.


Dialah Syekh Ibrahim bin Muhammad bin Ali At-Tazi w. 866 H. Seorang wali besar berasal dari kota Tazah-Maroko. Yang dimakamkan di Zawiyahnya di Wahran/Oran Aljazair (lalu dipindah ke Benteng Bani Rasyid)

Pengarang buku ini adalah murid tidak langsung pengarang Shalawat Nariyah. Bapaknyalah yg muridnya langsung, Muhammad at-Tazi.

Ketika Bapaknya bertemu dg Syekh Ibrahim, beliau menuliskan sebuah shalawat dan titip salam dan mendoakan anaknya.




















Nah, shalawat itu ternyata shalawat yg dikenal kemudian dg Shalawat Nariyah. Meskipun harus saya (wallahu a'lam) katakan bahwa redaksi yang beredar sekarang sudah ada tambahan2nya. Dan itu menurutku tidak masalah karena menyempurnakan.

Informasi ini saya dapatkan dari bukunya Syekh Abdullah Al-Ghumari "Al-Hujaj Al-Bayyinat" beliau mengutip dari "Nail Al-Ibtihaj" karya Ahmad Baba At-Timbukti.

Semua ini berkat guru saya Dr. Ayman Al-Akiti alias Raden Mooks hafidzahullah. Jazakumullah Khaira.

Berikut ini saya salinkan tulisan Syekh Ibnu Sha'd:

ولنقتصر على هذه الجملة من أخبار سيدي إبراهيم رحمه الله وفوائده، وإن فاتتني بركة لقائه فلم يفتني صالح دعائه، كان يكتب لوالدي، ويسلم علي، ويدعو لي بما أرجو قبوله بفضل الله تعالى ورحمته. وكان في صدر مكتوبه المبارك لوالدي:

"الحمد لله، اللهم صل صلاة كاملة وسلم سلاما تاما على نبي تنحل به العقد، وتنفرج به الكرب، وتقضى به الحوائج، وتنال به الرغائب، ويستسقى الغمام بوجهه، وعلى آله وصحبه".

AIZ Rabat, 6 Shafar 1439 H/26 Okt 2017

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

2 comments:

  1. Menarik. Ini perlu disebar luaskan, sebab di komunitas sebelah banyak yang menuduh sumbernya tidak jelas. Kemarin saya baca di NU Online juga sudah diterbitkan.

    Baca juga kisah Utsman bin Affan ra tentang Faedah Surat Al Waqiah https://www.ladangcerita.com/2019/06/hafalan-al-waqiah-anak-perempuan.html

    ReplyDelete