Ad 468 X 60

.

Wednesday, August 8, 2018

Widgets

Mohon berhati -hati dalam menafsirkan alQur'an.


Ustadz...
Mohon berhati-hati dalam menafsirkan alQur'an.

Riwayat Hadist:
"Jika suatu perkara ditangani oleh yang bukan ahlinya maka tunggulah saat kehancuran"

Sangat disayangkan taushiah dlm video ini setelah terajutnya ukhuwwah persaudaraan dibumi Nusantara kita.

Semoga Allah mengampuni.



DEMI ALLAH...!
NABI MUHAMMAD SAW TIDAK SESAT..


Selain sifat _ghuluw_ (berlebihan dalam agama) terdapat faktor lain yang mendorong seseorang menghina Nabi Muhammad Saw. dan menghukum beliau sebagai orang yang sesat yaitu faktor *“sengaja menyalah artikan tafsir al-Quran” atau bodoh dalam hal itu....*

Contoh seperti dalam video diatas... dengan tidak merujuk kepada ahli tafsir al-Quran yang mu’tabar hanya mentafsirkan ayat al-Quran itu mengikut pemahaman agama yang terbatas maka terjadilah bentuk penghinaan kepada Nabi Muhammad dan menghukumi baginda sebagai seorang yg sesat,Naudzu billahi min dzalik...

Sayyiduna Muhammad solllahu ‘alaihi wassalam merupakan seorang insan yang paling mulia disisi Allah. Muhammad bin Abdullah tidak pernah berkeyakinan ataupun mengikuti aqidah yang sesat baik sebelum kenabian apalagi setelah diturunkan wahyu dan dilantiknya beliau sebagai Nabi dan rasul.

Sungguh keterlaluan bagi mereka yang dengan sengaja atau karena kebodohannya menyalah-artikan tafsir dari firman Allah lantas menghukum Nabi Muhammad sebagai orang yg sesat dari kebenaran.

Orang yang mengatakan Nabi Muhammad sesat merupakan bentuk penghinaan kepada beliau dan ulama telah bersepakat bahwa barangsiapa yang menghina Nabi dengan sengaja maka aqidahnya dalam bahaya bisa menyeret ke jurang kemurtadan..

*Lalu bagaimana dengan tafsir firman Allah dalam surah Ad-Dhuha ayat 7*??


وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَى
???
Mari kita buka tafsir ulama ahlussunnah yang mu'tabar yang diakui keilmuan dan keshalehannya..

Arti dari lafadz (ضالا) dalam firman Alloh Swt itu memang beda-beda penafsirannya, tapi semuanya baik (tidak merendahkan keagungan Nabi), bukan diartikan *SESAT* yang disematkan kepada Nabi Saw, tetapi arti dari ayat tsbt salahsatunya adalah:

_"Dan didapati pada mulanya engkau dalam keadaan tidak mengetahui segala /keseluruhan isi kitab al-Quran dan selainnya kemudian engkau diberi petunjuk untuk mengetahui semua itu”._
Dan tafsiran ini selaras dengan firman Allah dalam surat as-Syuraa ayat 52:

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَا مَا كُنتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَٰكِن جَعَلْنَاهُ نُورًا نَّهْدِي بِهِ مَن نَّشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ

_” Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.…”_

Maka jelas! surah Ad-Dhuha ayat 7 ini bukan melegitimasi klaim bahwa Nabi Muhammad adalah sesat dari kebenaran. Tetapi itu menjelaskan bahwa Nabi Muhammad pada permulaannya tidak mengetahui keseluruhan isi kandungan kitab al-Quran kemudian diberi petunjuk dengan diturunkan al-Quran secara keseluruhan. Dan perlu dicamkan disini, bahwa *"Memberi petunjuk* tidak bererti Nabi Muhammad sesat dari kebenaran sebelum itu.
*Tidak sama sekali.*
malah sebaliknya merekalah yang gagal faham bahkan tersesat dalam menafsirkan ayat tsbt, dan inilah akibat tidak mengikuti penafsiran ulama yang berkompeten dalam bidang tafsir sehingga menafsirkan al-qur'an sesuai nafsunya, padahal jelas dinyatakan bahwa :

‎وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

_“Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka”_ (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan.).

Imam Masruq berkata,


‎اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله


_“Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.”_
(Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih)

Asy Sya’bi mengatakan,

والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل

_“Demi Allah, tidaklah satu pun ayat melainkan telah kutanyakan, namun (berhati-hatilah dalam menafsirkan ayat Al Qur’an), karena ayat tersebut adalah riwayat dari Allah.”_ (Idem. Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, sanadnya shahih).

Imam Ibrahim An Nakho’i berkata,

كان أصحابنا يتقون التفسير ويهابونه

_“Para sahabat kami begitu takut ketika menafsirkan suatu ayat, kami diperingatkan ketika menafsirkannya.”_ (Idem. Diriwayatkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil, Ibnu Abi Syaibah dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, sanadnya shahih).

Dalam tafsiran yang lain Imam Qurtubi menjelaskan : “ayat itu bermakna : _Dan didapati engkau tidak sepertimana keadaan sekarang ini,_ dan tafsiran lain adalah : Dan didapati engkau(saat itu) berada dalam lingkungan kaum kamu yang sesat maka Allah memberi petunjuk dan jalan keluar”_.

Coba perhatikan! ulama tafsir sekaliber Imam qurtubi saja tidak menyandarkan *SESAT* atas diri Nabi Muhammad Saw sama sekali.

Kemudian sekiranya arti (ضالا) hendak dimaknai sesat, maka yg dimaksud adalah kaum baginda Nabi (bani quraisy) yang sesat ketika itu, bukan Nabi yang sesat....

Ini semua membuktikan seluruh ulama tafsir al-Quran yang mu’tabar tidak menghukum Nabi Muhammad sebagai sesat dari kebenaran baik sebelum atau sesudah kenabian. maka hati-hati al-qur'an itu mempunyai tafsiran yang menempati bahasa arab yang tinggi nilai kesusasteraan dan kehebatannya.

Silahkan dirujuk tafsiran ulama Islam mu’tabar lainnya yang ahli dalam bidang tafsir.

Referensi: (ini hanya sebagian dari sekian banyak kitab tafsir mu'tabar..)

‎وَوَجَدَكَ ضَالاًّ فَهَدى (7)
‎أَيْ غَافِلًا عَمَّا يُرَادُ بِكَ مِنْ أَمْرِ النُّبُوَّةِ، فَهَدَاكَ: أَيْ أَرْشَدَكَ. وَالضَّلَالُ هُنَا بِمَعْنَى الْغَفْلَةِ، كَقَوْلِهِ جَلَّ ثَنَاؤُهُ: لا يَضِلُّ رَبِّي وَلا يَنْسى «3» [طه: 52] أَيْ لَا يَغْفُلُ. وَقَالَ فِي حَقِّ نَبِيِّهِ: وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغافِلِينَ»
‎[يوسف: 3]. وَقَالَ قَوْمٌ: ضَالًّا لَمْ تَكُنْ تَدْرِي الْقُرْآنَ وَالشَّرَائِعَ، فَهَدَاكَ اللَّهُ إِلَى الْقُرْآنِ، وَشَرَائِعِ الْإِسْلَامِ، عَنِ الضَّحَّاكِ وَشَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ وَغَيْرِهِمَا. وَهُوَ معنى
‎قَوْلُهُ تَعَالَى: مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتابُ وَلَا الْإِيمانُ، عَلَى مَا بَيَّنَّا فِي سُورَةِ" الشُّورَى" (1). وَقَالَ قَوْمٌ: وَوَجَدَكَ ضَالًّا أَيْ فِي قَوْمٍ ضُلَّالٍ، فَهَدَاهُمُ اللَّهُ بِكَ. هَذَا قَوْلُ الْكَلْبِيِّ وَالْفَرَّاءِ. وَعَنِ السُّدِّيِّ نَحْوُهُ، أَيْ وَوَجَدَ قَوْمَكَ فِي ضَلَالٍ، فَهَدَاكَ إِلَى إِرْشَادِهِمْ. وَقِيلَ: وَوَجَدَكَ ضَالًّا عَنِ الْهِجْرَةِ، فَهَدَاكَ إِلَيْهَا. وَقِيلَ: ضَالًّا أَيْ نَاسِيًا شَأْنَ الِاسْتِثْنَاءِ حِينَ سُئِلْتَ عَنْ أَصْحَابِ الْكَهْفِ وَذِي الْقَرْنَيْنِ وَالرُّوحِ- فَأَذْكَرَكَ، كما قال تعالى: أَنْ تَضِلَّ إِحْداهُما (2) [البقرة: 282]. وَقِيلَ: وَوَجَدَكَ طَالِبًا لِلْقِبْلَةِ فَهَدَاكَ إِلَيْهَا، بَيَانُهُ: قَدْ نَرى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّماءِ (3) ... [البقرة: 144] الْآيَةَ. وَيَكُونُ الضَّلَالُ بِمَعْنَى الطَّلَبِ، لِأَنَّ الضَّالَّ طَالِبٌ. وَقِيلَ: وَوَجَدَكَ مُتَحَيِّرًا عَنْ بَيَانِ مَا نَزَلَ عَلَيْكَ، فَهَدَاكَ إِلَيْهِ، فَيَكُونُ الضَّلَالُ بِمَعْنَى التَّحَيُّرِ، لِأَنَّ الضَّالَّ مُتَحَيِّرٌ. وَقِيلَ: وَوَجَدَكَ ضَائِعًا فِي قَوْمِكَ، فَهَدَاكَ إِلَيْهِ، وَيَكُونُ الضَّلَالُ بِمَعْنَى الضَّيَاعِ. وَقِيلَ: وَوَجَدَكَ مُحِبًّا لِلْهِدَايَةِ، فَهَدَاكَ إِلَيْهَا، وَيَكُونُ الضَّلَالُ بِمَعْنَى الْمَحَبَّةِ. وَمِنْهُ قَوْلُهُ تَعَالَى: قالُوا تَاللَّهِ إِنَّكَ لَفِي ضَلالِكَ الْقَدِيمِ (4) [يوسف: 95] أَيْ فِي مَحَبَّتِكَ.
‎[القرطبي، شمس الدين، تفسير القرطبي، ٩٧-٩٦ /٢٠]

‎وقال السديّ في ذلك ما حدثنا ابن حميد، قال: ثنا مهران، عن السديّ (وَوَجَدَكَ ضَالا) قال: كان على أمر قومه أربعين عاما. وقيل: عُنِيَ بذلك: ووجدك في قوم ضلال فهداك
‎[الطبري، أبو جعفر، تفسير الطبري = جامع البيان ت شاكر، ٤٨٨/٢٤]

‎قَالَ الْحَسَنُ وَالضَّحَّاكُ وَابْنُ كَيْسَانَ: "وَوَجَدَكَ ضَالًّا" عَنْ مَعَالِمَ النُّبُوَّةِ وَأَحْكَامِ الشَّرِيعَةِ غَافِلًا عَنْهَا، فَهَدَاكَ إِلَيْهَا، [كَمَا قَالَ] (2) "وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ" (يُوسُفَ -3) وَقَالَ: "مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ" (الشُّورَى -52) .
‎وَقِيلَ: ضَالًّا فِي شِعَابِ مَكَّةَ فَهَدَاكَ إِلَى جَدِّكَ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ وَرَوَى أَبُو الضُّحَى عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ضَلَّ فِي شِعَابِ مَكَّةَ وَهُوَ صَبِيٌّ صَغِيرٌ، فَرَآهُ أَبُو جَهْلٍ مُنْصَرِفًا عَنْ أَغْنَامِهِ فَرَدَّهُ إِلَى عَبْدِ الْمُطَّلِبِ.
‎وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَعَ عَمِّهِ أَبِي طَالِبٍ فِي قَافِلَةِ مَيْسَرَةَ غُلَامِ خَدِيجَةَ فَبَيْنَمَا هُوَ رَاكِبٌ ذَاتَ لَيْلَةٍ ظَلْمَاءَ نَاقَةً إِذْ جَاءَ إِبْلِيسُ فَأَخَذَ بِزِمَامِ النَّاقَةِ فَعَدَلَ بِهِ عَنِ الطَّرِيقِ، فجاء جبريل 195/أفَنَفَخَ إِبْلِيسَ نَفْخَةً وَقَعَ مِنْهَا إِلَى أَرْضِ الْحَبَشَةِ، وَرَدَّهُ إِلَى الْقَافِلَةِ فَمَنَّ اللَّهُ عَلَيْهِ بِذَلِكَ (3) . وَقِيلَ: وَجَدَكَ ضَالًّا [ضَالَّ] (4) نَفْسِكَ لَا تَدْرِي مَنْ أَنْتَ، فَعَرَّفَكَ نَفْسَكَ وَحَالَكَ. {وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَى} أَيْ فَقِيرًا فَأَغْنَاكَ بِمَالِ خَدِيجَةَ ثُمَّ بِالْغَنَائِمِ
‎[البغوي ، أبو محمد، تفسير البغوي - طيبة، ٤٥٦/٨]

Sumber :  Alhabib Quraisy Baharun

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: