Ad 468 X 60

.

Monday, November 14, 2016

Widgets

GERAKAN YANG LEBIH UTAMA DALAM SHOLAT

Tanya

Asy-Syeikh al-Munawwar ‘Abdul Kabîr bin ‘Abdullâh bertanya, “Dalam shalat sunnah, manakah yang lebih utama: lama sewaktu berdiri, ruku’ dan sujud atau lebih utama tidak berlama-lama dalam berdiri, ruku’ dan sujud dengan maksud memper-banyak jumlah rakaat ?”


Jawab
Habîb ‘Abdullâh al-Haddâd radhiyallâhu ‘anhu menjawab:
Diriwayatkan bahwa, Rasûlullâh saw apabila shalat malam beliau melamakan berdiri, ruku’ dan sujud.(1) Dan beliau shalat malam tidak lebih dari 11 atau 13 rakaat. Adapun mana yang lebih utama: melamakan waktu berdiri atau waktu ruku’ dan sujud, ulama rodhiyallôhu ‘anhum berbeda pendapat. Sebagian ulama berpendapat memanjangkan berdiri lebih utama, yang lain berpendapat melamakan ruku’ dan sujud lebih utama. Imâm Ghazâlî dan beberapa ulama lain berpendapat, bahwa gerakan shalat yang lebih utama untuk dipanjangkan waktunya adalah gerakan yang di dalamnya terdapat lebih banyak ke-khusyû’-an dan kehadiran hati (hudhûr). Keadaan ini tentunya berbeda-beda bagi setiap manusia. (An-Nafâisul ‘Ulûwiyyah:26-27)

----------------
(1)Hudzaifah rodhiyallôhu ‘anhu berkata, “Suatu malam aku shalat (sunnah) bersama Nabi saw. Beliau membaca surat al-Baqarah (setelah al-Fâtihah). Aku kira pada ayat yang keseratus beliau akan ruku’, ternyata beliau meneruskan bacaannya. Kemudian aku mengira setelah selesai surat al-Baqarah beliau akan ruku’, namun beliau melanjutkan dengan surat An-Nisâ` hingga selesai, lalu surat Âli-‘Imrân dengan tartil. Ketika membaca ayat yang menyebutkan kesucian Allâh, beliau bertasbih. Jika membaca ayat yang di dalamnya terdapat anjuran untuk meminta kepada Allâh, beliau memohon. Ketika membaca ayat yang di dalamnya terdapat ancaman, beliau berlindung. Setelah itu beliau ruku’ dan membaca:
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ
Maha suci Tuhanku Yang Maha Agung
Lama ruku’nya hampir sama dengan lama berdirinya. Kemudian beliau membaca:
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ
Allâh Maha Mendengar orang yang memuji-Nya
Tuhanku, segala puji hanyalah untuk-Mu
sembari bergerak untuk i’tidâl. Lama i’tidâl-nya hampir sama dengan lama ruku’nya. Beliau kemudian sujud dan membaca:
سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi
Lama sujudnya hampir sama dengan lama berdirinya.” (HR Muslim)
 

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: